Manfaat Luar Biasa Ta’aruf Dibandingkan Pacaran

Kalau membicarakan soal Ta’aruf, pasti sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita. Secara bahasa ta’aruf bisa bermakna ‘berkenalan’ atau ‘saling mengenal’. Asalnya berasal dari akar kata ta’aarafa. Penjelasan tentang ta’aruf sudah ada dalam Al-Qur’an. Seperti firman Allah (yang artinya):

“Hai manusia sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu) …” (QS. Al Hujurat: 13).

Kata li ta’aarafuu dalam ayat ini mengandug makna bahwa, aslinya tujuan dari semua ciptaan Allah itu adalah agar kita semua saling mengenal yang satu terhadap yang lain. Sehingga secara umum, ta’aruf bisa berarti saling mengenal. Dengan bahasa yang jelas ta’aruf adalah upaya sebagian orang untuk mengenal sebagian yang lain. Jadi, kata ta’aruf itu mirip dengan makna ‘berkenalan’ dalam bahasa kita. Setiap kali kita berkenalan dengan seseorang, entah itu tetangga kita, bertemu dengan orang baru dikampus, atau dilingkungan lain misalnya, dapat disebut sebagai ta’aruf. Ta’aruf jenis ini dianjurkan dengan siapa saja, terutama sekali dengan sesama muslim untuk mengikat hubungan persaudaraan. Namun tetap saja apapun itu bentuknya kita mesti mempunyai batasan dalam menjalin suatu hubungan ( antara laki-laki dan perempuan ) , norma-norma dalam agama islam harus selalu kita aplikasikan dengan tujuan untuk kabaikan kita sendiri. Kemudian dalam makna khusus proses pengenalan sesorang terhadap pria atau wanita yang akan dipilih sebagai pasangan hidup sering juga disebut sebagai ta’aruf.


Ditengah berkembangnya zaman seperti sekarang ini kata ta’aruf masih bebas dinilai, namun intinya adalah selama proses ta’aruf sesuai dengan norma yang telah berlaku dalam agama islam, dengan niat menjalin suatu ukhuwah dalam makna umum yang berdasarkan karenaNya insyaallah kita dapat mendapat ridha dariNya. Namun bila dalam makna khusus ta’aruf ini tidak main-main dan tentu kita harus tahu  secara jelas apa arti dan maksud ta’aruf itu, karena bila tidak sesuai bagaimana kita mendapat ridha dariNya???

Ta’aruf dalam makna khusus (proses pengenalan sesorang terhadap pria atau wanita yang akan dipilih sebagai pasangan hidup) adalah rangkaian pengenalan satu sama lain (pria dan wanita) dalam proses mengenali karakter masing masing. Namun tetap ini harus ada penghubungnya (wali) tidak bisa dilakuakan dengan jarang bareng berdua, nongkrong berdua untuk sekedar mengetahui karakter masing-masing, cara lebih efektif adalah dengan cara mencari tahu sifat dan karakternya dari orang terdekatnya, mau itu keluarganya ataupun kerabatnya. Tapi ditengah berkembangnya Zaman hal seperti ini sangat tidak asyik bagi sebagian kaum muda, tidak ada sensasinya. Maklum saja sensasi pacaran sudah menjadi tontonan yang tidak asing lagi dilihat, dari yang dewasa sampai remaja bahkan anak-anak, hal ini dikarenakan pacaran sudah mendarah daging dan satu hal yang sulit dilepas. (Anak muda dan Pacaran).

BACA JUGA: LUAR BIASA! Inilah Ternyata Manfaat Nikah Di Usia Muda

Tapi tau gak sih manfaat luar biasa Ta’aruf dibandingkan Pacaran? Manfaatnya itu luaaaaar biasaaa tau, coba deh pikirin sebagai muslim kita tentu tahu bahwa pacaran didalam islam itu tidak di perbolehkan, Allah pun tidak suka. Dikarenakan dalam berpacaran itu lebih banyak sisi jeleknya dari pada sisi baiknya. lebih cendurung sebagai tempat bersenang-senang dan pelampiasan nafsu syhawat. Pacaran itu menjadi awal terjadinya zina apalagi pacaran zaman sekarang, kalau tidak ada jalan-jalan rasanya kurang lengkap, kalau tidak berdua-duaan seolah tidak sah menjadi sepasang kekasih. Bila hal ini sudah dilakukan, besar kemungkinan akan terjerumus dalam perzinaan. Nauzubillah!

Kalau Taaruf merupakan sarana untuk menjaga hubungan agar terhindar dari zina atau berdua-duaan karena di dalam taaruf tidak diperbolehkan laki-laki dan perempuan bertemu secara diam-diam tanpa ada orang lain yang menemani. Ta’aruf itu banyak sekali manfaatnya, karena itu Allah lebih meridhai proses ta’aruf dibanding pacaran, dan itu demi kebaikan kita. Manfaat ta’aruf diantaranya :

Terhindar dari zina, Taaruf merupakan sarana untuk menjaga hubungan agar terhindar dari zina atau berdua-duaan karena di dalam taaruf tidak diperbolehkan laki-laki dan perempuan bertemu secara diam-diam tanpa ada orang lain yang menemani.

Lebih fair, Dalam taaruf laki-laki maupun perempuan akan bertukar informasi seputar kebaikan dan keburukan masing-masing tanpa ada yang ditutup-tutupi serta pihak keluarga pun juga mengetahui akan hal itu sehingga terhindar dari adanya kebohongan dan lebih fair.

Lebih efektif, Dalam proses taaruf laki-laki maupun perempuan dapat memperoleh informasi seputar jati diri masing-masing dalam waktu singkat tanpa perlu sering keluar untuk jalan seperti orang pacaran. Jadi taaruf lebih efektif jika dibandingkan dengan pacaran. Inilah salah satu alasan taaruf lebih baik dari pacaran.

Lebih hemat, Proses taaruf tidak membutuhkan banyak keluar untuk jalan berdua layaknya orang pacaran dan biasanya proses taaruf lebih singkat jika dibandingkan dengan pacaran yang belum tentu akan menikah dikemudian hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa taaruf jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan pacaran yang biasa harus mengeluarkan banyak uang untuk sekedar jalan berdua padahal belum tentu akan menikah.

Prosesnya lebih cepat, Jika sudah menemui banyak kecocokan dalam proses taaruf maka dilanjutkan langsung pada proses lamaran dan pernikahan. Namun jika tidak ada kecocokan maka tidak ada kata putus yang dapat menyakitkan kedua belah pihak, hanya cukup untuk tidak melanjutkan proses taaruf saja. Sedangkan pacaran meskipun telah menemui banyak kecocokan tetapi belum tentu akan menginjak pada proses lamaran dan pernikahan, serta dalam pacaran jika terjadi ketidakcocokan akan putus dan akan menimbulkan sakit hati pada kedua belah pihak bahkan keduanya dapat bermusuhan.

Jika dibandingkan dengan pacaran, proses taaruf lebih memiliki banyak manfaat dalam berbagai hal serta hal yang utama adalah proses taaruf bertujuan untuk menunaikan sunnah Rosul, yaitu pernikahan yang diridhoi Allah SWT.

Jika Islam telah mengatur cara berkenalan yang tepat dan benar yaitu melalui taaruf, lalu mengapa kita masih memilih jalan berkenalan yang salah dan malah membawa keburukan bagi diri kita sendiri?

Itulah beberapa informasi seputar beberapa manfaat taaruf bagi kebaikan antara kedua calon pasangan dan ini dia manfaat taaruf dibandingkan pacaran.

Dan jika diantara kalian sudah memilih jalan ta’aruf jangan pernah ngejudge orang yang pacaran itu tidak baik yaa, karena yang berhak menilai baik buruknya seseorang itu ialah Allah Swt. Lebih baik mari sama-sama kita mengevaluasi diri, sama-sama belajar untuk mendekatkan diri pada sang Ilahi, manusia tempatnya dosa dan salah, mari kita sama-sama mengingatkan. Dan semoga kita mendapatkan pasangan hidup yang baik dimata Allah, pasangan yang mengenal Allah secara universal, yang dapat membimbing kita menuju Ridha dan Surganya Allah. Karena jodoh itu cerminan diri kita, mari sama-sama hijrah, Semangat hijraaaah. Karena janji Allah itu adalah benar, wanita baik untuk pria yang baik, dan itu sebaliknya. Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan anda..aamiin
Insya'Allah Bermanfaat.. Barakallah untuk anda..

 Mari LIKE & SHARE postingan ini agar pahala menebar kebaikan juga anda dapatkan..
Semoga menghibur & bermanfaat ya..

Sumber:
https://www.kancyl.com/post/49727/rasakan-manfaat-luar-biasa-taaruf-dibandingkan-pacaran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Ta’aruf Dibandingkan Pacaran"

Posting Komentar