Tips Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak Dengan Cara Yang Mereka Suka

Memiliki anak seorang hafidz Quran tentu menjadi kebanggaan bagi semua orang tua. Namun untuk mendidik anak yang bisa menghafal Quran tidaklah mudah. Karena kita haruslah paham betul karakteristik sang anak.

Seperti baru-baru ini ada anak kecil yang secara tidak sengaja di temukan oleh orang di pasar, sekilas anak ini seperti anak yang biasa saja dia tidak sedikitpun terlihat seperti anak-anak yang sekolah dari pesantren, namun ternyata anak kecil ini hapal surat Ar rahman secara jelas baik lafadz maupun tajwid nya bahkan ia tidak sedikitpun canggung dan kikuk, apalagi ia membawakan surat Ar rahman tersebut dengan merduu sekali, kamipun menangis melihatnya... subhanallah ingin rasanya memeluk anak ini.


Tidak sedikit anak-anak yang menjadi pelaku kejahatan bahkan cenderung kasar karena banyak orang tua yang tidak membiasakan anaknya untuk mendengar atau membaca Al-Quran sebagai pedoman tuntunan hidup.

Surat Ar-Rahman yang ia bacakan persis seperti yang di download dari aplikasi android ini

Ternyata melalui aplikasi android surat ar rahman ini banyak anak-anak yang bisa meniru dan menghapal melalui aplikasi ini karena di dengarkan dan dihapal secar aberulang ulang.

Dan kita sebagai orangtua harus memiliki berbagai ide kreatif agar dalam menghafalnyanya sang anak tidaklah jenuh, cara apa saja boleh, namun tetaplah harus mengikuti norma-norma yang baik dalam menghafal al-quran. Ada cara yang mungkin bisa para orangtua coba lakukan agar Anak Bisa Menghafal Quran Dengan Cara Yang Mereka Suka, apa saja? Simak tipsnya berikut:
  • Diulang-ulang minimal sepuluh kali, direnungkan dan dibayangkan tulisannya. Tidak perlu dihafal, cukup baca dan dengar 40 kali. Setelah mendapat 5 ayat, atau 5 baris, diiulang lagi 40 kali. Ulangi 5 ayat atau 5 baris berikutnya. Setelah mendapat satu halaman, yakni 5 baris lalu ulangi 40 kali lagi.
  • Dipotong-potong dengan memakai alat peraga atau jari tangan. Buat ilustrasi dalam karton besar dengan gambar yang relevan dan menarik sehingga membuat sang anak bersemangat.
  • Menghafal memakai tulisan sehingga tergabung antara tulisan dan hafalannya.
  • Membuat klasifikasi hafalan, level 1, 2, dan seterusnya. Hal ini dilakukan untuk memotivasi si anak untuk mencapai level yang lebih tinggi.
  • Wajib muroja’ah. Ulang-ulang terus hafalannya setiap hari jangan samapai ada yang terlewat.
  • Praktekan hafalannya dengan cara membaca surat yang sudah dihafal ketika salat wajib maupun sunnah.
Yang paling penting ketika mengajarkan anak menghafal Quran adalah kesabaran dan konsisten, jangan ada unsur paksaan dan memaksa karena usia anak-anak adalah masa keemasan dan juga masa-masa bermain, untuk itu orang tua harus kreatif, sabar dan konsisten dalam mengajar dan membimbing si anak.



Terkadang sang anak lebih cepat meniru atau mengikuti kebiasaan orang tua, nah kita sebagai orangtua harus paham betul dengan hal ini. Kita bisa mengambil langkah dengan berupaya ikut menghafal juga dengan ini sang anak akan merasa bahwa orangtua merekapun menghafal juga , walaupun kita sudah hafal namun tidak ada salahnya kita belajar menghafal bersama anak. Dengan itu kita akan semakin memperlancar lagi hafalan kita, dan sang anak akan lebih bersemangat lagi dalam menghafalnya. Nah akan lebih asyik bukan?


Semoga Anak-anak kita menjadi anak-anak yang pandai bukan hanya pandai dalam pelajaran sekolah tetapi pandai juga menghafal al-quran nya. Menjadi anak yang santun, patuh juga selalu mencintai Allah SWT, Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

BAGIKAN atau Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak Dengan Cara Yang Mereka Suka"

Posting Komentar