Inilah 8 Cara Menerima Kekurangan Pasangan

Dalam hal berumah tangga masalah yang sering timbul adalah ketidakmampuan seseorang dalam menerima kekurangan pasangannya. Untuk membentuk sebuah keluarga bahagia memerlukan proses yang panjang dan salah satunya adalah menerima kekurangan yang ada pada diri pasangan kita.

Berikut adalah 8 cara menerima kekurangan pasangan untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah, diantaranya:

Belajarlah untuk tidak selalu melihat kekurangan pasangan kamu

Tapi usahakan untuk melihat kekurangan yang ada pada diri kamu sendiri. Buatlah semacam catatan tentang diri kamu sendiri, kamu juga bisa menulis dengan jujur kekurangan yang ada pada diri kamu. Dengan begitu kamu tidak merasa menjadi diri yang sempurna dan mampu untuk menerima kekurangan pasangan kamu.

Jika kekurangan yang ada pada diri pasangan kamu bersifat merugikan keluarga

Cobalah untuk berdiskusi. Katakan keberatan kamu terhadap sifat dan tingkah lakunya yang kamu rasa tidak benar. Cari solusi yang tepat demi kebaikan bersama.

Kekurangan yang ada pada pasangan hendaknya jangan dijadikan bahan untuk merendahkannya

Berikan motivasi yang dapat membangun kepercayaan dirinya dan berusaha untuk menutupi kekurangan yang ada.

Jangan memendam kekesalan dalam diri 

Jika kamu menemui masalah dengan kekurangannya. Akan lebih baik jika kamu berterus terang dan mengeluarkannya. Cobalah untuk tidak emosi. Jika kamu memendam dan mendiamkan hal tersebut, kamu akan menjadi antipati dan kemudian bisa menjadi konflik yang akhirnya memicu pertengkaran.

Bersama-sama mencari jalan keluar terhadap kekurangan yang ada pada pasangan 

Misalnya saja, pasangan kamu suka tidur mendengkur, kamu bisa membawanya berkonsultasi ke dokter. Bawa serta pasangan kamu. Jika harus melakukan terapi, dampingilah pasangan kamu dalam melakukan terapi tersebut. Kehadiran kamu akan sangat berguna bagi kesembuhannya.

Tutupi kekurangan pasangan kamu di hadapan orang lain

Janganlah menambah bebannya dengan cara menceritakan kekurangannya pada orang lain. Cukup hanya kamu yang mengetahuinya, sebab pasangan kamu akan semakin merasa rendah diri jika kekurangan yang ada pada dirinya diketahui oleh orang lain.

Mintalah pertolongan kepada Allah

Meminta pertolongan kepda Allah sangatlah penting, karena yang mengerti setiap hati hambanya-Nya hanya Allah. Allah yang mengenggam hati kita semua, apapun yang terjadi adalah kuasa-Nya. Mintalah kepada Allah, agar pasangan kita menjadi lebih baik lagi. Mintalah keridhoan Allah dalam urusan apapun. Allah maha mendengar segala doa

Belajar ikhlas dan menerima kekurangannya

Jika kamu ikhlas dan mencoba mengalah tentang kekurangan yang ada pada dirinya. Tidak ada manusia yang sempurna baik sifat maupun tingkah laku. Oleh karena itu jika ingin membentuk keluarga sakinah, cobalah untuk belajar ikhlas dan menerima kekurangan yang ada pada diri pasangan kamu.

Baca juga: Masya Allah, Inilah 14 Fakta Kemuliaan Wanita Muslimah Saat Hamil

Nah itulah 8 langkah dalam menerima kekurangan pasangan. dalam berumah tangga diharuskan kita untuk menghormati satu sama lain. Menerima kekurangan masing-masing sangatlah perlu, bahwasannya didunia ini tidaklah ada yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah Swt. Semoga kita semua mendapatkan pasangan yang mengerti dan menerima kita apaadanya. Yang bersedia agar sama-sama belajar untuk saling menghormati dan mengerti satu sama lain. Semoga kita menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah, Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber: catatanislam.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 8 Cara Menerima Kekurangan Pasangan"

Posting Komentar