Meskipun Tergolong Surat Pendek, Namun Inilah Keutamaan Dan Khasiat Surat Al Ikhlas Yang Sangat Luar Biasa

Surat Al Ikhlash adalah surat yang dikatakan dalam beberapa hadits seperti sepertiga Al Qur’an, Surat ini dinamakan Al Ikhlas karena di dalamnya berisi pengajaran tentang tauhid. Oleh karena itu, surat ini dinamakan juga Surat Al Asas, Qul Huwallahu Ahad, At Tauhid, Al Iman, dan masih banyak nama lainnya.

Surat ini merupakan surat Makiyyah dan termasuk surat Mufashol. Surat Al Ikhlas ini terdiri dari 4 ayat, surat ke 112, diturunkan setelah surat An Naas. (At Ta’rif bi Suratil Qur’anil Karim) Ada dua sebab kenapa surat ini dinamakan Al Ikhlash.Yang pertama, dinamakan Al Ikhlash karena surat ini berbicara tentang ikhlas. Yang kedua, dinamakan Al Ikhlas karena surat ini murni membicarakan tentang Allah.

Tahukah Anda, Meskipun tergolong surat pendek, namun surat Al Ikhlas memiliki banyak keutamaan dan khasiat yang sangat luar biasa, Berikut penjelasannya:
  • Barang siapa membaca satu kali surat al-ikhlas maka ia memperoleh ganjaran sebagai orang yang beriman terhadap Allah, malaikat, kitab-kitab, dan beriman kepada para nabi dan rosul. selain itu ia akan mendapat ganjaran seperti ganjarannya seratus orang mati syahid.
  • Orang yang membaca surat al-ikhlas satu kali sama ganjarannya dengan memperoleh ganjaran membaca sepertiga al-quran. Jadi jika membaca surat al-ikhlas tiga kali mendapat ganjaran seperti membaca satu al-quran.
  • Barang siapa membaca surat al-ikhlas sebelas kali akan disediakan sebuah rumah yang indah di syurga.
  • Siapa yang membaca surat al-ikhlas sebelas kali setiap selesai sholat subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut.
  • Orang yang membaca surat al-ikhlas 50 kali maka memperoleh ganjaran dengan diampuni dosanya selama 50 tahun.
  • Barang siapa membiasakan setiap hari membaca surat al-ikhlas 200 kali maka dicatat memperoleh seribu lima ratus kebaikan dan diampuni dosanya 50 tahun.
  • Barang siapa yang mampu membaca al-ikhlas seribu kali berarti ia telah menebus dirinya dari neraka. Wallahualam
Jadi besar pahala/hadiah yang diberikan Allah SWT kepada orang yang membiasakan membaca surat Al-Ikhlas secara istiqomah (berlanjut). Meskipun demikian alangkah baiknya kita membaca surat ini atau surat surat dalam Al Quran yang lain ikhlas karena Allah, dan jadikan itu sebuah kebutuhan. Jangan karena hanya ingin mendapatkan pahala saja. Mengharapkannya boleh namun tetap itu semua merupakan kehendak Allah SWT bagi siapa saja yang dikehendakiNya.

Dan jangan lupa kita biasakan Berdo’a secara rutin. Karena rutin inilah kita akan selalu merasa dekat dengan kehadiran Allah. Kalau dengan suami atau atasan saja kita mau PDKT (pendekatan), kenapa tidak PDKT juga dengan-Nya ? Ikhlas. Berdo’a jangan karena pamer, Ikhlashkan do’a itu karena Allah SWT.

Hal yang paling penting adalah Yakin, Kalau sudah ikhlas tapi masih tidak yakin, bagaimana Allah mau mengabulkan ? Dia itu kan tergantung prasangka hamba-Nya. Baik prasangka kita maka akan baik pula hasil do’anya, begitu juga dengan prasangka sebaliknya.

Dan juga Sabar, Ini yang paling susah. Karena kita biasanya ingin sekali doanya cepat dikabulkan. Ibaratnya belum kerja sebulan sudah minta gajian, hehe

Nah, setelah berdo’a, tentu ada lagi yang harus kita perhatikan. Apa itu ?
  • Bila do’amu cepat dikabulkan oleh Allah, berarti Dia sayang padamu.
  • Bila do’amu lambat dikabulkan, berarti Dia sedang mengujimu.
  • Bila do’amu tidak dikabulkan, berarti Allah lebih tau apa yang terbaik untukmu.
Ketika berdoa maka sebutlah nama-nama Allah yang baik dan cantik kerana Allah begitu menyayangi mereka yang menyebut nama-namaNya malah sesiapa yang menghafal dan menghayati nama Allah yang 99 maka dijanjikan balasan Syurga. Aamiin yaa rabbal alaamiin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber: islamicinformations.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meskipun Tergolong Surat Pendek, Namun Inilah Keutamaan Dan Khasiat Surat Al Ikhlas Yang Sangat Luar Biasa"

Posting Komentar